5 Tips Keamanan Bitcoin Untuk Pemula

Bitcoin membuat uang bergerak di internet sangat mudah, tapi kemudahan itu datang dengan risiko.
Ada banyak cara seseorang dapat mengambil uang Anda, melacak pengeluaran Anda, atau melanggar privasi Anda.

Untungnya, ada juga beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata uang digital Anda dan menjaga kebiasaan belanja Anda tetap pribadi. Berikut adalah lima tip teratas untuk melindungi bitcoin Anda:


1. Jaga dompet yang terpisah

Jika dompet yang Anda gunakan untuk pengeluaran bitcoin juga mengandung seluruh kepemilikan bitcoin Anda, tabungan Anda akan rentan terhadap berbagai jenis penyalahgunaan.

Tidak ada batasan jumlah alamat bitcoin (atau dompet) yang dimiliki seseorang.

Oleh karena itu, Anda dapat dengan mudah memiliki alamat untuk membelanjakan uang, alamat tabungan dan bahkan alamat untuk menerima pembayaran.

2. Jangan simpan tabungan Anda di dompet web

Baru-baru ini, ada beberapa kasus dompet web yang diretas dan kemudian dikosongkan.

Sementara dompet web mudah digunakan, seharusnya hanya digunakan sebagai akun pengecekan / giro - sebagai tempat menyimpan uang yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat. Jadi, jika Anda hanya menyimpan sejumlah kecil uang belanja di dompet yang diretas, kerugian Anda akan terbatas.

Ingat, bitcoin tidak bekerja seperti kartu kredit. Jika Anda kehilangan uang dengan curang, uang itu hilang dan tidak ada orang yang dapat Anda kirimi klaim pengembalian uang. Anda selalu bisa menghubungi polisi, tapi tidak mungkin mereka bisa mengembalikan backo Anda.
3. Lindungi privasi Anda

Di atas hal lain, ingat - jangan pernah membagi kunci pribadi Anda dengan orang lain. Jika alamat dompet Anda (yaitu kunci publik Anda) sama dengan nomor rekening bank Anda, kunci dompet pribadi Anda adalah PIN Anda.

Berkat analisis noda, mungkin untuk mengetahui dompet bitcoin mana yang mungkin dimiliki oleh orang yang sama karena riwayat transaksi mereka.

Jika Anda memiliki dompet 'pengeluaran' dan dompet 'tabungan', transaksi reguler antara keduanya akan memberi sinyal yang cukup jelas bagi peretas yang mana adalah alamat dompet simpanan Anda.

Kegiatan ilegal di samping, ada alasan yang sah untuk mengaburkan hubungan itu, karena hal itu memungkinkan seseorang untuk menyelidiki berapa banyak bitcoin yang Anda miliki, yang merupakan sesuatu yang seharusnya tetap pribadi. Apakah Anda akan mengungkapkan semua rincian keuangan Anda kepada orang asing?

Cara terbaik untuk mengaburkan hubungan antara dompet Anda adalah dengan mentransfer dana di antara mereka melalui layanan pencampuran.

4. Penyimpanan Dingin

Bahkan jika Anda menyimpan bitcoin Anda di dompet yang tersimpan di komputer Anda, Anda masih rentan terhadap serangan. Aplikasi dompet Bitcoin menyimpan datanya di lokasi yang dapat diprediksi, sehingga sangat rentan terhadap serangan kuda Trojan.

Serangan tersebut telah dilaporkan oleh pengguna bitcoin. Solusi yang umum adalah menyimpan kunci pribadi dompet Anda yang tersimpan dalam media offline sebagai lapisan perlindungan tambahan. Media offline ini bisa berupa kode QR yang tercetak di selembar kertas atau file teks biasa yang tersimpan pada kunci USB.

Jika Anda ingin mentransfer bitcoins dari dompet offline ke seseorang / tempat lain, Anda harus terlebih dahulu memindai kode QR atau memasukkan kunci pribadi dompet secara manual ke dalam aplikasi seperti Blockchain. Setelah aplikasi menampilkan saldo dompet Anda, Anda akan dapat mentransfer bitcoin ke alamat dompet sesuai pilihan Anda.

Sebagai ukuran tambahan, Anda bisa mengenkripsi kunci pribadi Anda sehingga jika ditemukan, mereka akan menjadi tidak berguna tanpa password enkripsi Anda - jangan lupa kata sandi Anda!
5. Backup!

Sementara tip lain dari daftar ini adalah tentang melindungi kekayaan bitcoin Anda dari orang lain, yang satu ini melindungi Anda.

Dengan asumsi Anda menggunakan klien desktop untuk menyimpan dompet bitcoin Anda, seharusnya ada pilihan untuk mencadangkan dompet Anda. Sekali lagi, instruksi akan bervariasi tergantung pada klien Anda.

Dengan menggunakan fitur seperti itu, kunci publik dan pribadi ke dompet Anda akan disimpan ke dalam file. Itu semua dompet bitcoin perlu mengambil saldo Anda, karena nilai aktual yang melekat pada alamat bitcoin Anda disimpan sebagai data pada rantai blok, bukan pada aplikasi dompet Anda.

Setelah Anda memiliki file yang berisi kunci dompet Anda, Anda dapat memasukkannya ke mana saja: flash drive, cakram optik, hard drive portabel, di atas kertas, dll.

Anda bahkan dapat menyimpan file-file ini pada sistem backup berbasis cloud seperti Dropbox, yang menawarkan keandalan data yang kuat. Namun, mengingat tidak ada sistem cloud yang 100% aman, akan lebih bijak untuk mengenkripsi data semacam itu sebelum mengunggahnya, Truecrypt adalah salah satu alat yang bisa mengenkripsi file dompet Anda.

Satu hal lagi...

Contoh lain dari dompet penyimpanan dingin yang aman adalah sesuatu yang disebut 'dompet otak'. Ini pada dasarnya adalah kombinasi kata dan angka rahasia yang Anda bawa di kepala Anda. Bila Anda memasukkan frasa sandi Anda ke situs seperti brainwallet, Anda akan bisa menguraikannya sehingga Anda bisa memperoleh kunci privat Anda. Untuk informasi lebih lanjut baca panduan dompet otak kita.

sumber : http://www.coindesk.com/tips-keep-bitcoins-secure/

Comments

  1. Are you frustrated from looking for bitcoin faucets?
    Triple your claiming speed with this advanced BITCOIN FAUCET ROTATOR.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sign UP Now in Pyramid-Invest Get $150 Free !

Bitcoin VS Emas: Mana yang lebih baik?